Mengubah Teks Tombol Start Win XP Lebih Dari 5 Huruf

Tombol START bisa diubah, tentu Anda sudah tahu. Tapi pada Win XP teks pada tombol ini hanya bisa diganti sepanjang huruf yang digunakan tidak lebih dari 5 huruf. Ok, kita akan mencoba mengubah teks tombol START menjadi ‘PencetGueDong’.

1. Memodifikasi File explorer.exeKita modifikasi file explorer.exe yang terdapat di C:>Windows. Karena explorer.exe merupakan file binary, kita perlu sebuah editor. Kali ini kita pakai Resource Hacker, yang salah satu fungsinya untuk memodifikasi file binary.

Bila Anda belum memiliki binary editor lain Anda bisa dapatkan Resource Hacker di http://www.users.on.net/johnson/resourcehacker.

2. Back up file explorer.exe kemudian jalankan Resource Hacker dan buka explorer.exe. Pilih [String Table] lalu klik ganda untuk melihat isi String Table. Klik ganda lagi pada 37 dan klik satu kali pada 1033. Yang akan kita modifikasi adalah item 578, di sana tertulis “start” yang merupakan teks pada tombol [Start].

3. Ganti kata start sesuai yang Anda kehendaki tapi pastikan tanda kutip tidak hilang. Pastikan pula Anda tidak menggunakan spasi. Kemudian simpan dengan nama explorer[nama].exe di direktori C:>Windows.

Di sini saya menggunakan nama “PencetGueDong”, maka file tersebut harus disimpan dengan nama explorerpencetguedong.exe.

4. Memodifikasi RegistrySetelah menyimpan perubahan di atas Anda bisa keluar dari Resource Hacker.

Langkah berikutnya adalah memodifikasi registry. Klik [Start] kemudian [Run], ketikkan regedit dan tekan [Enter]. Selanjutnya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWARE>MicrosoftWindows NT>CurrentVersion>Winlogon. Cari string bernama Shell kemudian klik ganda dan ganti value data-nya dengan nama yang tadi Anda simpan. Akhiri dengan klik [OK] dan keluar dari Registry Editor.

Untuk melihat hasilnya restart komputer Anda. Mudah bukan?

0 komentar:

Posting Komentar

My Friends