Software-software gratis portable untuk mengatasi masalah di komputer

Menjadi seseorang yang memiliki keahlian di bidang komputer mungkin tidak selamanya enak. Salah satunya adalah permintaan 'jasa' untuk memperbaiki komputer ketika kita berkunjung ke rumah teman atau rumah saudara. Masalah komputer yang terbilang kecil seperti komputer yang crash, CD yang tidak bisa dibaca, lupa password dan masalah-masalah lainnya akan mereka kumpulkan dan sebutkan satu per satu, mungkin mumpung ada yang perbaiki. Sulit untuk menghindar dari hal seperti ini, sehingga sebaiknya kita bantu mereka dengan perbaikan yang cepat. Bagaimana caranya?

Selalu bawa flash disk USB kemana-mana dan tambahkan software-software gratis di bawah ini guna memperbaiki semua jenis masalah di komputer.

Cari tahu lebih

Tugas pertama kita dengan komputer yang bersikap aneh adalah mencari informasi lebih banyak tentang komputer itu. Speccy adalah sebuah tool sistem informasi yang akan membantu kita untuk hal ini. Berapa hard disk yang ada di komputer, berapa RAM yang digunakan dan sebagainya.

Minta bantuan antivirus

Gunakan antivirus portable seperti ClamWin dan McAfee Avert Stinger apabila komputer yang kita perbaiki tidak memiliki antivirus sama sekali.

Jika ada komputer yang terinstal antivirus palsu gunakan Remove Fake Antivirus untuk membasminya.

Sementara itu Security Scan dari Norton hanya akan mendeteksi ancaman saja, tidak menghapusnya namun perlu juga dicoba. Kunjungi halaman Security Scan, download dan instal ke komputer kita. Copy folder Norton Security Scan dari folder Program Files ke USB disk dan kita sudah bisa menjalankan program itu (nss.exe) untuk mengecek komputer yang bermasalah.


Dalami kemungkinan masalah dengan software yang ada

Komputer bermasalah tidak selalu diakibatkan oleh virus tapi bisa juga dari kesalahan konfigurasi. FixWin dirancang untuk memperbaiki semua masalah Windows yang umum, meliputi masalah Explorer, web dan konektivitas, Media Player dan banyak lagi - cukup cari masalahnya dan klik Fix untuk memperbaikinya.

Jika masalahnya terlampau berat maka kita pun perlu tahu bagaimana set up komputer tersebut. Gunakan AutoRuns untuk melihat apa saja yang berjalan ketika komputer pertama kali boot, lalu beralih ke Process Explorer untuk menemukan apa saja yang sebenarnya berjalan sekarang.

Perbaiki codecs kita

Jika komputer itu masalahnya tidak mau memainkan file video atau audio dengan benar maka kemungkinan ada masalah dengan codecs.

Kita dapat memecahkan masalah ini dengan menginstal paket codec baru, tapi itu juga beresiko. Cukup jalankan Codec Tweak Tool, sebuah versi mandiri dari utility troubleshooting yang hadir dengan bundelan K-Lite Codec Pack. Program ini akan men-scan masalah yang mungkin terjadi akibat beragamnya codecs dan filter, lalu memberikan laporan dan memperbaikinya.

Mengembalikan data di hard disk

Teman atau saudara kita panik karena tidak sengaja data penting mereka telah terhapus dan kebetulan hari itu juga kita berkunjung ke tempatnya. Dengan Recuva (pilih versi portable) kita akan mampu mengembalikan data yang ada di hard disk, memory card dan MP3 player dan melakukan mode 'deep scan' yang dapat mengembalikan file dimana tool-tool undelete lainnya tidak bisa.

Terkait dengan format file

Seringkali kita mendengar seseorang yang masih awam dengan komputer mengatakan bahwa mereka menerima file penting yang tidak bisa dibuka. Sehingga untuk itulah kita perlu menyiapkan toolkit yang memungkinkan format-format file yang umum bisa dibaca.

Tambahkan OpenOffice.org Portable untuk menangani dokumen Word, spreadsheet, presentasi dan banyak lagi. Dan tambahkan juga PDF-XChange Viewer atau SumatraPDF agar kita bisa menampilkan file PDF.

Dapatkan Unstoppable Copier

Jika ada teman yang mengeluh karena dia tidak dapat membaca file dari CD lamanya mungkin saja tidak akan ada yang bisa kita lakukan. Tapi sebelum kita menyerah total coba gunakan dahulu aplikasi Unstoppable Copier. Tool untuk memulihkan data ini akan menjelajahi tiap sektor file-file kita yang masih bisa dibaca dan akan menyusunnya kembali.

Seandainya tidak berhasil, sertakan lagi tool yang satu ini Greenfish DataMiner. Walaupun terbilang kecil ukuran filenya tapi memiliki kemampuan untuk mengetahui secara rinci struktur lebih dari 70 format file yang berbeda, yang akan membantu memulihkan data di CD/DVD yang rusak.

Memanfaatkan browser

Ada kalanya kita pasti membutuhkan bantuan Google atau mesin pencari di internet dan itu merupakan pekerjaan dari sebuah browser. Dapatkan versi portable dari Firefox dan Thunderbird ke toolkit USB kita.

Memulihkan password

WinKeyFinder atau Vista Key Finder akan memulihkan product keys dari Windows dan Office, dan dapatkan juga IE PassView dan Password Fox untuk memulihkan user name dan password yang tersimpan di IE dan Firefox.

Backup driver

Saat mengupdate driver hardware untuk komputer bisa jadi akan terjadi crash atau masalah dengan sistem, untuk itulah biasakan untuk membackup driver sebelumnya dengan menggunakan Double Driver.

Aplikasi pembakar CD/DVD gratis

Tambahkan pembakar CD/DVD ke toolkit USB kita dan setelahnya kita dapat menyalin data dari komputer manapun ke sebuah CD/DVD. Gunakan Total Free Burner dan InfraRecorder untuk melakukannya, kecil namun cukup baik.

Scan jaringan

TCPView akan menampilkan semua koneksi TCP dan UDP yang terbuka, dan bersamaan dengan proses apa yang sedang digunakan; SmartSniff menangkap dan menampilkan paket jaringan di beberapa komputer; dan scanner Angry IP dengan cepat mengecek alamat IP di jaringan.

Dapatkan kembali file-file penting

Jika kita telah mencoba semua cara untuk mengatasi troubleshooting di komputer mungkin langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengambil kembali file-file penting dari komputer itu. Meskipun tool backup portable itu tidak biasa, tapi Zback, meskipun berukuran kecil (hanya 174KB) mampu mendukung filter, mode preview, dukungan scripting, manual, batch atau operasi baris perintah dan banyak lagi.


Lebih jauh lagi

Kita bisa menemukan tool-tool portable hebat lainnya di Pendriveapps.com dan PortableApps.com. Sayangnya itu semua tergantung dari komputer yang bermasalah apakah bootable atau mengenali koneksi USB. Jadi untuk kasus yang gawat darurat kita juga perlu membawa UBCD for Windows. Sebuah CD bootable yang hadir dengan tool-tool troubleshooting handal.

1 komentar:

Ristyawati@jak-stik.ac.id Selasa, November 30, 2010  

Menarik juga...sebuah CD bootabla yang hadir dengan tool-tool troubleshooting handal.

Posting Komentar

My Friends