10 Situs dan layanan web yang patut mendapat perhatian di tahun 2010

2009 sudah berlalu dan kini kita berada di tahun yang baru, 2010. Sepanjang tahun 2009 kita melihat betapa cepat perkembangan internet yang diikuti dengan makin beragamnya jenis-jenis website dan layanan yang ditawarkan.

Sekarang memasuki tahun 2010 mungkin saja tren untuk website yang digemari bisa berubah dibanding tahun sebelumnya. Dan untuk itu mari kita sedikit memprediksi website, layanan web dan situs-situs mobile mana yang bisa cerah nasibnya di tahun ini.

1. Fancast Xfinity TV

Comcast yang dikenal sebagai salah satu pemain besar di bidang media akan merilis versi berbasis Web dari acara TV kabel mereka. Dengan layanan barunya ini, Fancast Xfinity TV, kita dapat menonton acara TV kabel di PC sesuai permintaan. Saat ini layanan Xfinity sudah menawarkan 2000 jam acara film dan TV. Tapi kelihatannya untuk pasar Indonesia masih belum bisa.:D

2. Bing

Mesin pencari besutan Microsoft pada tahun lalu sudah mulai menunjukkan banyak perbaikan dan seiring waktu kelihatannya bisa menarik minat para pengguna internet. Dan untuk tahun ini pun diperkirakan Bing akan semakin bersinar untuk pelan-pelan menyaingi Google yang sebelumnya tidak tergoyahkan di pasar mesin pencari.

3. Android Market

Sekarang sistem operasi Android menguasar 3.5% pangsa pasar smartphone di dunia. Namun menurut prediksi Gartner, Android diperkirakan akan menjadi OS smartphone kedua terpopuler pada tahun 2012 setelah OS iPhone sehingga layanan Android Market bisa jadi pada tahun ini akan bersinar seiring peningkatan penggunaan handset Android.

4. Grooveshark

Pertumbuhan Grooveshark yang cepat dalam dua quarter terakhir ini disebabkan jenis layanannya yang sangat dicari yaitu musik yang gratis. Grooveshark merupakan sebuah mesin pencari musik online, layanan streaming musik dan aplikasi software web rekomendasi musik internasional yang memungkinkan para pengguna mencari stream dan musik yang diupload gratis yang dapat dimainkan saat itu juga. Tahun 2010 diperkirakan Grooveshark akan semakin melejit.

5. Google Voice

Ingin menelpon jarak dekat dan jauh tapi dengan biaya murah dan bahkan gratis? Google Voice bisa menjadi jawaban bagi mereka yang menginginkan telepon murah. Layanan ini memang belum berjalan karena mendapat penentangan dari beberapa pihak seperti Apple dan AT&T. Tapi kelihatannya Google Voice tidak lama lagi beredar mengingat pada tahun lalu Google sudah membeli Gizmo5, sebuah penyedia layanan VoIP.

6. Justin.tv

Berbeda dengan youtube yang hanya menampilkan video yang sudah direkam, di Justin.tv kita dapat mencari stream video dari semua jenis, dan masing-masing di-capture secara real time oleh anggota Justin.tv dengan menggunakan kamera video mereka. Terlebih buat mereka yang sering memanfaatkan Justin.tv untuk menyaksikan tayangan olahraga langsung, pasti sudah akrab dengan situs ini.

7. Clicker

Layanan video online makin menjamur dan memang semakin menguntungkan bagi para pengguna internet dan Clicker memudahkan kita dalam mencari kategori video yang diinginkan. Clicker berfungsi membantu pengguna internet menemukan video yang mereka cari dari sekian banyak situs layanan video online yang ada.

8. Yammer

Yammer ibarat Twitter untuk workgroup. Sehingga suasana pekerjaan yang membosankan dengan adanya Yammer menjadi lebih ceria.

9. Wikitravel.org

Saat kita bepergian, kita akan terbantu dengan mengetahui informasi yang akurat tentang tempat yang kita tuju. Dan terinspirasi oleh Wikipedia, Wikitravel menawarkan sejumlah informasi tentang tempat wisata di seluruh dunia, termasuk juga rekomendasi tempat-tempat yang dapat kita kunjungi dan apa-apa saja yang dapat kita lakukan di sana.

10. Postabon

Berbelanja secara tim. Berbelanja secara sosial. Konsep yang keren seperti yang ditawarkan oleh Postabon. Postabon mengkhususkan diri agar kita bisa menyimpan uang dengan menghubungkan kita dengan rekomendasi diskon yang diinformasikan oleh para pelanggan lainnya di daerah kita.

1 komentar:

Ristyawati@jak-stik.ac.id Selasa, November 30, 2010  

Terima kasih dengan informasi berbasis web para pelanggan bisa menikmati. Semuanya lebih mudah dan cepat tidak susah.

Posting Komentar

My Friends