Menjalankan suatu program lewat MS-DOS dengan mudah

Saat kita sedang asyik di dalam mode 'Dos prompt' atau MS-DOS kadang kita merasa agak malas untuk membuka suatu program tertentu karena harus kembali ke mode 'Desktop', nah di sini saya coba untuk membuat catatan kecil dimana hanya di tujukan untuk media pembelajaran sendiri. Tujuannya adalah agar kita dapat dengan mudah membuka suatu program tertentu lewat mode Dos prompt/MS-DOS.

Semisal kita mau menjalankan sebuah program bernama Winbox.exe, maka langkah pertama adalah kita pastikan dulu ada di direktori mana program tersebut berada.

Misalkan program Winbox.exe itu terletak di direktory :
D:\Tools\
Selanjutnya cara adalah sebagai berikut:
1. Klik kanan pada My Computer
2. Pilih Properties
3. Pilih Advanced Tab
4. Pilih Environment Variables
5. Pada System variables sorot dibagian Path dan pilih Edit :
disana akan terlihat Path panjang seperti contoh ini

%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;C:\Program Files\Intel\DMIX;C:\strawberry\c\bin;C:\strawberry\perl\bin;

6. Tambahkan direktori dimana program Winbox.exe berada, menjadi :

%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;C:\Program Files\Intel\DMIX;C:\strawberry\c\bin;C:\strawberry\perl\bin;D:\Tools

7. Setelah itu klik OK

Sekarang kita coba untuk masuk di MS-DOS dan coba ketikkan 'Winbox' di direktori mana saja maka seketika itu juga akan tampil program Winbox.exe.
Sekarang kita sudah bisa membuka program Winbox dengan MS-DOS, dan silakan di kreasikan dengan program-program lainnya bila perlu dibuka di MS-DOS.

1 komentar:

Ristyawati Senin, November 29, 2010  

Terimakasih pak, atas langkah-langkah untuk menjalankan suatu program lewat MS-DOS lebih mudah. Semoga bermanfaat artikelnya.

Posting Komentar

My Friends