Mengkompresi File EXE

Bila Anda ingin mengirimkan file ke sahabat atau rekan Anda dengan file yang lumayan gede melalui email, apa yang terjadi...? Rekan Anda pasti akan menggerutu karena menunggu download file tersebut yang lama belum lagi kalau bandwith internetnya pas-pas an.

Aplikasi yang selama ini kita kenal memang sudah dapat untuk mengompresi file yang lumayan gede itu, namanya WinRar atau WinZip. Namun saat ini ada aplikasi yang dapat mengompresi file EXE yang lebih kecil lagi, yaitu UPX (Ultimate Packer for eXecutables). Anda tidak perlu khawatir untuk mendownload aplikasi ini karena besaran filenya yang cukup kecil.

UPX ini merupakan aplikasi yang free dan dapat mendukung 20 format file EXE. Disamping itu bersifat pula universal/umum dan portable, artinya aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus diinstal karena ditulis dengan bahasa Portable Endian-Neutral C++. Aplikasi ini juga bersifat “extendable” yang berarti mendukung file dengan format EXE dan kompresi algoritma baru.

Bila Anda sudah mendownload aplikasi tersebut maka ekstraklah ke sebuah folder. Siapkan file EXE yang ingin dikompres dengan menyalinnya ke folder yang sama dengan aplikasi UPX. Anda harus membuka Command Prompt atau MS-DOS terlebih dahulu karena aplikasi ini berjalan melalui DOS.

Caranya adalah seperti dibawah ini:
1.Klik [Start] kemudian [Run]
2.Ketik cmd dan tekan [Enter]
3.Pada jendela Command Prompt, masuklah ke folder di mana file UPX diekstrak, misalnya folder-nya berada di drive D, ketik d: dan tekan [Enter]
4.Ketik cd diikuti dengan nama folder dan tekan [Enter] lagi. Misalnya cd UPX.
5.Ketik upx diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx setup.exe. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Ketika UPX dicoba mengompres file exe berukuran 8339456KB, hasilnya cukup memuaskan. Hasil kompresi berukuran 3104768 KB—hanya 37,23% dari ukuran file asli.Bagaimana jika Anda ingin mengompres file lebih dari satu? Mudah saja, Anda dapat mengompres seluruhnya dengan cara ketik upx *.exe atau upx *.dll dan tekan [Enter], kemudian letakkan seluruh file yang hendak dikompres di 1 folder, yakni folder UPX. Agar supaya file yang sudah dikompres tidak berperformance lambat maka ekstraklah kembali dengan cara ketik perintah upx -d diikuti dengan nama file dan tekan [Enter]. Contoh: upx –d setup.exe, maka file akan berubah menjadi seperti semula.

Jangan lupa sebelum mengompres file tersebut, Anda backup terlebih dahulu. Caranya adalah ketik upx –k diikuti dengan nama file, kemudian tekan [Enter]. File kemudian akan disalin di folder upx dengan ekstensi EX~. Bila Anda ingin menggunakannya lagi, tinggal ganti saja ekstensinya menjadi EXE dengan cara Rename file tersebut.

File UPX dapat didownload disini : DOWNLOAD UPX

0 komentar:

Posting Komentar

My Friends